Jumat, 10 Februari 2012

e-Learning

e-Learning adalah pembelajaran yang terjadi dalam lingkungan simulasi elektronik. e-Learning, pelatihan berbasis web, pelatihan berbasis internet dan pelatihan berbasis komputer adalah generasi berikutnya metode pengajaran yang dikembangkan hari ini.
Dengan e-Learning, pengguna dapat membenamkan diri dalam lingkungan tiga-dimensi untuk lebih meningkatkan pengalaman belajar mereka. Selain itu, e-Learning dapat dilakukan di mana saja dan kapan saja selama pengguna memiliki hardware yang tepat. Hari ini, e-Learning dengan cepat menjadi kenyataan melalui perusahaan-perusahaan seperti Trainersoft dan lain-lain.
e-Learning dapat dilakukan dengan menggunakan koneksi internet, jaringan, intranet, atau penyimpanan disk. Menggunakan berbagai media seperti audio, teks, lingkungan virtual, video, dan animasi. e-Learning, dalam beberapa hal, bahkan lebih baik daripada metode pembelajaran di kelas karena merupakan satu-lawan-satu metode belajar, itu adalah diri melangkah dan memiliki pengalaman-format pembelajaran.
Seperti halnya bentuk-bentuk lain pembelajaran, e-Learning tergantung pada metode penyampaian dan konten untuk memastikan keberhasilannya. Untuk alasan ini, modul-modul e-Learning harus menarik, interaktif dan informatif dalam rangka untuk menjadi efektif.
Namun, e-Learning memiliki kemampuan merendam siswanya benar-benar dalam lingkungan yang paling kondusif untuk belajar. Ini membedakannya dari kelas-gaya belajar.
LEVEL e-LEARNING
> Database e-Learning: Online database adalah sebuah bentuk e-Learning yang digunakan saat ini. Dengan online database, pengguna dapat menelusuri melalui topik yang berbeda untuk mencari jawaban atau penjelasan kepada berbagai pertanyaan. Online database bisa juga memberikan langkah-demi-langkah mengenai bagaimana melakukan hal-hal seperti pemasangan komponen tambahan untuk komputer atau aktivasi produk tertentu.
> Online Support: Online support adalah bentuk yang lebih interaktif e-Learning karena memberikan pengguna kesempatan untuk berinteraksi dengan orang-orang yang nyata ketika dia sedang mencari penjelasan atau jawaban untuk suatu masalah. Sistem dukungan online ini bisa dalam bentuk chat room, forum, email, papan buletin, aplikasi pesan instan, dan lain-lain yang lebih baik dapat membantu pengguna menyelesaikan pertanyaan nya dengan menyediakan lebih spesifik atau disesuaikan dengan jawaban.
> Asynchronous pelatihan: Asynchronous Pelatihan ini merupakan kombinasi dari dua bentuk e-Learning disebutkan di atas. Dengan pelatihan asynchronous, siswa belajar melalui internet-based, berbasis jaringan atau penyimpanan modul berbasis disk. Selain itu, siswa juga dapat berinteraksi dengan siswa lain atau instruktur melalui e-mail, kelompok diskusi online dan online bulletin board. Sebagaimana dengan jenis sebelumnya e-Learning, pelatihan asynchronous juga diri mondar-mandir dan interaktif.

> Pelatihan sinkron
: Synchronous pelatihan adalah real-time metode e-Learning dengan hidup interaksi antara instruktur dan siswa. Hal ini disebut demikian karena siswa harus log in pada waktu tertentu dan kelas akan dilaksanakan untuk jangka waktu tertentu. Pelajaran dapat mengambil bentuk sesi tunggal untuk beberapa sesi selama beberapa tahun. Sinkron pelatihan adalah e-Learning metode yang paling dekat dengan kelas-gaya belajar sebagai mahasiswa dapat mengangkat tangan elektronik, melihat papan tulis umum dan berinteraksi satu sama lain. Synchronized sesi pelatihan biasanya diadakan di konferensi AV media, website atau media telepon internet.

MANFAAT e-LEARNING

Tidak ada komentar:

Posting Komentar